Sistem Operasi
adalah sarana penghubung antara program aplikasi dengan perangkat keras pada
sistem komputer. Sistem Operasi
menyembunyikan segala kerumitan yang terdapat pada perangkat keras dengan
menyediakan fungsi-fungsi tingkat mesin untuk menghindari kerumitan pemrograman
sehingga memudahkan perancangan program aplikasi.
2.
Komponen
Sistem Operasi
a.
Boot Loader
Bagian dari SO
yang melakukan booting, pengambilan tugas dari BIOS ke SO, selanjutnya Boot
Loader akan menjalankan Kernel sehingga tugas pun beralih kepada kernel. Pada
Boot Loader juga tersimpan informasi-informasi yang dibutuhkan SO.
b.
File System
Bertugas
melakukan manajemen terhadap file, menyediakan layanan-layanan yang berhubungan
dengan penggunaan file bagi program aplikasi guna memenuhi kebutuhan manajemen
data bagi pemakai.
c.
Kernel
Merupakan
jantung dari SO. Semua proses input dan output yang berlangsung selama komputer
berjalan diatur oleh Kernel, seperti pembacaan dan penulisan terhadap disk,
manajemen memory, dan penjadwalan program aplikasi.
d.
Shell
Sebuah program
aplikasi yang menghubungkan pengguna komputer dengan Kernel. Segala perintah
yang diberikan oleh pengguna komputer akan melalui perantara Shell, kemudian
shell akan memberikan perintah tersebut kepada kernel untuk diproses.
3.
Tujuan
Mempelajari Teknik Perancangan SO
a.
Dapat merancang sendiri atau memodifikasi suatu SO
sesuai dengan kebutuhan
b.
Mengetahui lebih dalam proses kerja sistem komputer
c.
Dapat menerapkan konsep SO pada pengembangan
aplikasi-aplikasi lain.
4.
Persiapan
Merancang SO
a.
Memikirkan di mana nantinya SO akan dijalankan
Ini
dikarenakan banyaknya sistem komputer dan masing-masing sistem komputer tidak
saling mendukung.
b.
Memikirkan kegunaan SO tersebut
Fungsi SO
sebagai pelayan bagi program aplikasi dan masing-masing program aplikasi
mempunyai tujuan-tujuan tertentu yang saling berbeda. Disinilah perlu
dipikirkan kegunaan SO yang akan dirancang. Akan tetapi, biasanya SO dirancang
agar dapat menjalankan berbagai macam aplikasi.
c.
Bahasa pemrograman yang akan digunakan
Banyak bahasa
pemrograman yang dapat digunakan untuk merancang Sodan tiap-tiap bahasa
mempunyai kekurangan dan kelebihan, tetapi bahasa apapun yang jadi pilihan nantinya
haruslah dikuasai dengan baik. (Bahasa C dan Assembly).
Sumber: Muhammad Khoriq S.Kom
Tidak ada komentar:
Posting Komentar