Kamis, 20 Februari 2014

Mengenal Sistem Operasi (SO)

1.      Pengertian Sistem Operasi
Sistem Operasi adalah sarana penghubung antara program aplikasi dengan perangkat keras pada sistem komputer. Sistem Operasi menyembunyikan segala kerumitan yang terdapat pada perangkat keras dengan menyediakan fungsi-fungsi tingkat mesin untuk menghindari kerumitan pemrograman sehingga memudahkan perancangan program aplikasi.

2.      Komponen Sistem Operasi
a.       Boot Loader
Bagian dari SO yang melakukan booting, pengambilan tugas dari BIOS ke SO, selanjutnya Boot Loader akan menjalankan Kernel sehingga tugas pun beralih kepada kernel. Pada Boot Loader juga tersimpan informasi-informasi yang dibutuhkan SO.
b.      File System
Bertugas melakukan manajemen terhadap file, menyediakan layanan-layanan yang berhubungan dengan penggunaan file bagi program aplikasi guna memenuhi kebutuhan manajemen data bagi pemakai.
c.       Kernel
Merupakan jantung dari SO. Semua proses input dan output yang berlangsung selama komputer berjalan diatur oleh Kernel, seperti pembacaan dan penulisan terhadap disk, manajemen memory, dan penjadwalan program aplikasi.
d.      Shell
Sebuah program aplikasi yang menghubungkan pengguna komputer dengan Kernel. Segala perintah yang diberikan oleh pengguna komputer akan melalui perantara Shell, kemudian shell akan memberikan perintah tersebut kepada kernel untuk diproses.


3.      Tujuan Mempelajari Teknik Perancangan SO
a.       Dapat merancang sendiri atau memodifikasi suatu SO sesuai dengan kebutuhan
b.      Mengetahui lebih dalam proses kerja sistem komputer
c.       Dapat menerapkan konsep SO pada pengembangan aplikasi-aplikasi lain.

4.      Persiapan Merancang SO
a.       Memikirkan di mana nantinya SO akan dijalankan
Ini dikarenakan banyaknya sistem komputer dan masing-masing sistem komputer tidak saling mendukung.
b.      Memikirkan kegunaan SO tersebut
Fungsi SO sebagai pelayan bagi program aplikasi dan masing-masing program aplikasi mempunyai tujuan-tujuan tertentu yang saling berbeda. Disinilah perlu dipikirkan kegunaan SO yang akan dirancang. Akan tetapi, biasanya SO dirancang agar dapat menjalankan berbagai macam aplikasi.
c.       Bahasa pemrograman yang akan digunakan
Banyak bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk merancang Sodan tiap-tiap bahasa mempunyai kekurangan dan kelebihan, tetapi bahasa apapun yang jadi pilihan nantinya haruslah dikuasai dengan baik. (Bahasa C dan Assembly).

 Sumber: Muhammad Khoriq S.Kom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar